CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

listen (y)

Selasa, 20 November 2012

cara mudah belajar :)

assalamu'alaikum wr.wb ukhti dan akhi ..
post kali ini aku mo ngepost tentang caranya mudah belajar .
sebenernya ini cara belajarku sih, tapi insyaAllah bisa bantu kalian yang kesulitan belajar :D 

pernah nggak sih kita jadi bad mood pas mo belajar kalo ngapalin apaaaa gitu? pasti kan? nah cara yang aku terapin ini menurutku keren, ya monggo kalo mau dicoba :
1. baca dulu materinya, dikit" dulu, maksudnya per-poin.
2. mengerti isi materi yang kita baca tadi.
3. lalu lafalkan secara lisan dengan bahasa kita sendiri.
4. lakukan berulang".
 
diatas yang pertama, kalo gurunya tipe yang mengharuskan sama dengan bahasanya/ teori" gitu, caranya dibawah ini nih :
1. baca dulu materinya, per pon juga.
2. tandai kata" yang mo kita apalin.
3. lafalkan dengan keras.
4. lakukan berulang juga.
kalo gitu, insyaAllah kalo diterapin terus diulang bisa apal diluar kepala, juga bisa dimengerti sih, jadi nggak ilang gitu aja. jangan lupa sambil do'a sama Allah S.W.T yaa :D
semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum wr.wb :)

Jumat, 26 Oktober 2012

look at this :D

video

Minggu, 09 September 2012

10 Keajaiban Sedekah




okee, kali ini aku pengen ngepost tentang ilmu Islam, dan .. JENJEENG !)
jadilah ini, judulnya 10 keajaiban sedekah .
sebelum itu, kalian tau nggak sih sedekah itu apa? Sedekah asal kata bahasa Arab shadaqoh yang berarti suatu pemberian yang diberikan oleh seorang muslim kepada orang lain secara spontan dan sukarela tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Juga berarti suatu pemberian yang diberikan oleh seseorang sebagai kebajikan yang mengharap ridho Allah SWT dan pahala semata. Sedekah dalam pengertian di atas oleh para fuqaha (ahli fikih) disebuh sadaqah at-tatawwu' (sedekah secara spontan dan sukarela).
selain itu, kita para muslim dianjurkan untuk sedekah lhoo, nggak dikit juga hadist yang menganjurkan kita untuk bersedekah. sedekah itu nggak rugi kok, malah sedekah itu termasuk penolong kita masuk surganya Allah S.W.W lhoo :) yauda, langsung lanjut ke 10 keajaibannya deeh ..

Dalam beberapa hadits, Rasulullah SAW banyak menjelaskan tentang keajaiban sedekah.

Beberapa keajaiban sedekah tersebut diantaranya adalah:

1. Sedekah bisa melepaskan pelakunya dari bencana.

Rasulullah SAW bersabda,

"Sesungguhnya sedekah dapat menolak 70 pintu bencana."

2. Sedekah merupakan obat penyakit pada tubuh.

Rasulullah SAW bersabda,

"Obatilah penyakitmu dengan bersedekah."

3. Sedekah sebagai benteng buat diri kita.

Rasulullah SAW bersabda,

"Bentengilah harta bendamu dengan sedekah."

4. Sedekah sebagai pemadam kemurkaan Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda,

"Sedekah dapat menutup kemurkaan Allah."

5. Sedekah bisa menambah keakraban sesama muslim.

Rasulullah SAW bersabda,

"Sedekah adalah hadiah. Maka, berikanlah hadiah kepada teman pergaulanmu dan berkasih sayanglah kalian dengan saling memberi sedekah."

6. Sedekah dapat menambah umur.

"Rasulullah SAW bersabda,

"Sedekah dapat menolak musibah serta dapat menambah keberkahan umur."

7. Sedekah mampu menanamkan rasa belas kasihan dalam hati.

Rasulullah SAW bersabda,

"Barang siapa mendapatkan kesedihan hati, maka berikanlah sedekah."

8. Sedekah sebagai syafaat kelak di akhirat.

Rasulullah SAW bersabda,

"Sesungguhnya yang akan menaungi orang mukmin pada hari kiamat kelak adalah sedekah."

9. Sedekah menuai pahala yang termat besar.

Dalam sebuah atsar disebutkan,

"Barang siapa bersedekah dengan sebiji tamar, kelak di hari kiamat dia akan mendapat pahala sebesar gunung yang berada di atas timbangan amalnya."

10. Sedekah sebagai wasilah menambah rezeki.

Rasululah SAW bersabda,

"Tidak akan berkurang harta yang disedekahkan, bahkan akan bertambah, akan bertambah, dan akan bertambah."

nah, kalo udatau, ndang sedekah yaaa :)

ditunggu lhoo :P

*ups

Selasa, 04 September 2012

Pesona Alamnya Air Terjun Probolinggo (Madakaripura)

Probilinggo merupakan kota yang menyimpan segudang keindahan alam yang banyak masyarakat belum mengetahuinya. Seperti air terjun madakaripura yang satu ini. Terletak di kabupaten probolinggo 30 km dari pusat kota probolinggo, keindahan air terjun madakaripura yang masih alami bisa di nikmati oleh masyarakat. Banyak orang yang mengibaratkan madakaripura seperti air terjun Nagasaki yang ada di Jepang, Karena bentuk serta lokasi yang eksotis. Air terjun madakaripura bisa di tempuh melalui berbagai sisi seperti dari pasuruan melewati desa tongas menuju ke arah Bromo, sesampainya di pertigaan desa lumbang tepatnya di pasar lumbang belok ke arah kanan menuju arah desa negoro rejo kabupaten probolinggo. Disepanjang jalan desa lumbang sampai dengan desa negoro rejo kita akan di suguhkan dengan pemandangan alam yang menyejukkan mata serta hawa sejuk yang sangat segar.
Disepanjang jalan desa negoro rejo banyak sekali komunitas masyarakat tersebut bekerja sebagai peternak lebah. Madu yang di hasilkan oleh para peternak dapat di beli oleh para wisatwan, sebagai oleh-oleh khas probolinggo. Disamping lokasi yang masih alami kita juga di suguhi pemandangan berbagai macam bintang seperti monyet, burung, dan lain-lain. Tapi dari keindahan air terjun madakaripura itu kurangnya campur tangan pemerintah dalam mengelola, menjadikan taman wisata tersebut agak terbengkalai. Bnayak fasilitas-fasilitas yang ada di sekitar madakaripura yang seharusnya berguna bagi pengunjung menjadi rusak dan tidak dapat digunakan lagi.
Air terjun madakaripura merupakan tempat wisata yang menyenangkan bagi mereka yang suka tantangan, madakaripura menyuguhkan berbagai macam petualangan alam yang menyerukan. Di sana juga terdapat arena camp bagi mereka yang suka akan berkemah. pokoknya seru banget deh! aku pernah kok kesana, pernah ya, pas pertama kali aku kesana tuh aku kepeleset, terus jatoh deh, basah semuaaaaa :D
kalo sempet kesana yaa :)
makase uda bacaa ^O^
oia, ini nih gambarnya ..
 

Selasa, 31 Juli 2012



Tari Glipang, tarian asli kabupaten Probolinggo


Tari Glipang adalah sebuah tari rakyat yang merupakan bagian dari pada kesenian tradisional Kabupaten Probolinggo.Tidak ada bedanya dengan tari Remo yaitu sebuah tari khas daerah Jawa Timur yang merupakan bagian dari kesenian Ludruk.
Parmo cucu pencipta Tari Glipang kepada Bromo Info mengatakan Tari Glipang berasal dari kebiasaan masyarakat. Kebiasaan yang sudah turun temurun tersebut akhirnya menjadi tradisi. Dia menjelaskan, Glipang bukanlah nama sebenarnya tarian tersebut..

“Awalnya nama tari tersebut “Gholiban” berasal dari Bahasa Arab yang artinya kebiasaan. Dari kebiasaan-kebiasaan tersebut akhirnya sampai sekarang menjadi tradisi,” kata Parmo asal warga Pendil Kecamatan Banyuanyar.
Di ceritakan oleh Parmo, Tari Glipang (Gholiban) tersebut dibawa oleh kakek buyutnya yang bernama Seno atau lebih dikenal Sari Truno dari Desa Omben Kabupaten Sampang Madura.Sari Truno membawa topeng Madura tersebut untuk menerapkan di Desa Pendil.
“Ternyata masyarakat Desa Pendil sangat agamis.Masyarakat menolak adanya topeng Madura tersebut.Karena didalamnya terdapat alat musik gamelan.Sehingga kakek saya merubahnya menjadi Raudlah yang artinya olahraga,” lanjut Parmo.
Sari Truno kemudian mewariskan kebiasaan tersebut kepada putrinya yang bernama Asia atau yang biasa dipanggil Bu Karto..Parmo yang saat itu masih berusia 9 tahun mencoba ikut menekuninya. Tari Gholiban/Tari Glipang tersebut mempunyai 3 gerakan.Dimana tiap-tiap gerakan tersebut mempunyai makna dan cerita pada saat diciptakan.
Pertama tari olah keprajuritan atau yang biasa disebut dengan Tari Kiprah Glipang.Tari Kiprah Glipang ini menggambarkan ketidakpuasan Sari Truno kepada para penjajah Belanda.Dari rasa ketidakpuasan tersebut akhirnya menimbulkan napas besar.Tari Kiprah Glipang ini sudah terkenal secara Internasional dan sudah mendapatkan beberapa piagam perhargaan.
“Tari Kiprah Glipang pernah menjadi 10 besar tingkat nasional tahun 1995.Selain itu juga pernah datang ke Istana Presiden di Jakarta sebanyak 5 kali diantaranya waktu menyambut kedatangan Presiden Kamboja dan Presiden Pakistan.Saya juga pernah diundang ke Jakarta waktu peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke- 39,” tambah Parmo.
Tari Kiprah Glipang yang telah diciptakan oleh Sari Truno benar-benar serasi dan sejiwa dengan pribadi penciptanya.Jiwa Sari Truno yang sering bergolak melawan prajurit-prajurit Belanda pada waktu itu diekspresikan melalui bentuk tari ini.
Kedua, Tari Papakan yang mempunyai makna bertemunya seseorang setelah lama berpisah.”Waktu itu digambarkan bertemunya Anjasmara dengan Damarwulan.Dimana waktu itu Damarwulan diutus untuk membunuh Minakjinggo.Akhirnya Damarwulan berhasil dengan dibantu oleh 2 istri Minakjinggo.Tapi sebelum bertemu Anjasmara, Damarwulan di hadang oleh Layang Seto dan Layang Kumitir di Daerah Besuki,” jelas Parmo.
Ketiga, Tari Baris yang menggambarkan para prajurit Majapahit yang berbaris ingin tahu daerah Jawa Timur.”Waktu itu prajurit Majapahit tersebut berbaris di daerah Jabung untuk mengetahui daerah Jawa Timur.Awalnya tari ini berawal dari badut, lawak, dan kemudian berubah menjadi cerita rakyat,” terang Parmo.
Menurut Parmo yang menjadi latar belakang dirinya tetap eksis di Tari Glipang diantaranya ingin melestarikan budaya yang dibawa oleh kakek buyutnya Sari Truno.Selain itu kakeknya membawa topeng Madura tersebut dari Madura hanya dengan naik ikan Mongseng.Parmo juga ingin mengembangkan warisan kakek buyutnya kepada generasi muda terutama yang ada di Kabupaten Probolinggo.
“Untuk menghormati perjuangan kakek buyut Sari Truno, saya dan keturunan saya akan tetap melestarikannya sampai kapanpun.Apalagi waktu itu kakek saya rebutan topeng tersebut dengan sesama orang Madura.Sehingga saya sampai 7 turunan tidak boleh bertemu dengan saudara dari Madura.Kakek saya juga naik ikan Mongseng dari Madura ke Jawa, sehingga 7 turunannya diharamkan untuk makan ikan Mongseng tersebut,” imbuh Parmo